Saturday, November 10, 2012

Apa itu SEO?

Sekarang sering kali para blogger advanced berbicara tentang SEO, ada sebuah diskusi di sebuah grup Facebook tentang SEO. Bagi mereka memang sudah jadi bahan makanan sehari - hari mereka bahkan bisa dibilang kalo tidak memakai SEO mereka ibarat makan sayur tanpa garam. Namun bagi yang baru terjun atau baru mau merintis untuk belajar nge-blog belum tau apa itu SEO?.

Apa Itu SEO?
source : jasaseo.net
SEO (Search Engine Optimation) adalah sebuah teknik atau ilmu yang digunakan untuk mengoptimasi Keyword (kata kunci) blog untuk menempati urutan teratas di Search Engine atau biasa disebut SERP (Search Engine Results Page) sehingga meningkatkan pengunjung bagi blog yang dioptimasi.

Bagi seorang blogger trafik kunjungan yang tinggi akan sangat berguna sekali apalagi mereka yang juga menggunakna blog mereka untuk keperluan bisnis online. Yang terpenting sekali adalah Trafik yang luar biasa akan berbanding lurus dengan kesuksesan dalam bisnis online seorang blogger.


Sekarang ini, jutaan situs ‘perang online’ di jagad internet untuk jadi nomor wahid di mata search engine. Tentu sulit memenangkan pertarungan ini. Beberapa webmaster / blogger menerapkan teknik-teknik SEO yang natural dan halal di mata search engine. Teknik yang ini sering dikenal dengan White Hat SEO.  namun kalau ada teknik yang baik tentu ada juga teknik yang jahat alias Black Hat SEO. Teknik Black Hat SEO biasanya beresiko. Situs yang bersangkutan bisa di-banned oleh search engine.

Pada sisi yang lain, si search engine menggunakan faktor yang semakin kompleks dan selalu memperbaiki algoritma untuk meningkatkan kualitas SERP mereka. Algoritma yang dipakai search engine pun tidaklah sama. Ini sebabnya, SERP setiap search engine bisa berbeda-beda untuk keyword yang sama.

Kesimpulannya bagi kita yang ingin suskes menjadi seorang blogger harus memahami secara mendalam dan mempelajari secara khusus teknik teknik SEO yang ada.

No comments:

Post a Comment

Just Comment, Don't Spam.
ini blog DoFollow manfaatkan sebaik - baiknya.